Chat
Kategori

Bersihkan monitor anda sekarang..!

Kuantitas:
Beli sekarang
Bersihkan monitor anda sekarang..!

Berhasil di tambahkan!

Membersihkan monitor | Ilustrasi
Monitor merupakan bagian yang paling dekat dengan pengilhatan anda, jika monitor sudah kotor dan sering kena sentuhan-sentuhan tangan yang menimbulkan bekas, maka penglihatan kita akan detail tampilan dari monitor akan terganggu, yang kemudian tentu tidak membuat anda nyaman.
Jika kondisi monitor anda saat ini kotor, mungkin tips sederhana ini dapat membantu :D

Ada beberapa persiapan yang perlu kita perhatikan sebelum beraksi eksekusi, diantaranya:
  • Perhatikan petujuk manual monitor
  • Kenali bagian-bagian yang tidak boleh tersentuh oleh cairan, dan dalam beberapa kasus, cairan dapat masuk ke celah lempengan monitor pada jenis LCD/ LED,
  • Perhatikan lebel-label yang berhubungan dengan garansi, dan pastikan sentuhan pembersihan monitor yang akan anda kerjakan tidak sampai merusak keutuhan label atau segel.
Langkah-langkah membersihkan monitor anda:
  • Siapkan beberapa perangkat pembersih, seperti lap khusus yang lembut, yang tidak akan menimbulkan gores, cairan khusus pembersih yang tidak menimbulkan kerusakan pada plastik atau bahan paling luar dari permukaan monitor.

    Jika anda tidak memiliki perangkat khusus pembersih yang biasanya harus dibeli untuk keperluas khusus, maka penulis punya sedikit tips yang tidak terlalu banyak resiko, yaitu dengan menggunakan air putih yang steril (bersih pake banget) sebagai cairannya, kuas lembut, tissue wajah yang tidak menganduh unsur kimia dan bau, dan sabun mandi yang paling kita anggap lembut. langkah berikutnya penulis akan membahasa yang menggunakan bahan pilihan kedua, yaitu yang tradisional alias dengan bahan seadanya :D
  • Matikan monitor dan putuskan semua sambungan monitor dengan sumber listrik, sehingga, beberapa kemungkinan kerusakan yang disebabkan akibat pengaruh listrik statis dapat terhindar. Untuk notebook ada baiknya batrenya dilepas terlebih dahulu. Selain itu jika monitor dalam keadaan padam, kita lebih mudah melihat kotoran-kotoran yang menempel.
  • Bersihkan kotoran yang kasar dengan kuas lembut dengan perlahan atau jika kotoran tersebut tidak terlalu bandel, cukup disedot dengan vakum atau ditiup-ditiup saja. Setelah tinggal bagian kotoran yang tidak kasar tetapi menempel, lalu..
  • Basahi tisue yang sudah kita siapkan dengan air putih yang bersih, dan ingat jangan membasahi sampai kuyup, cukup asal basah sedikit saja, lalu bagian yang basah tersebut usapkan pada permukaan monitor secara merata, bagian usapan pertama ini hanya sekedar membuat kotoran yang menempel di permukaan monitor mudah pudar,

    Hati-hati dengan bagian pojok dan sisi-sisi monitor, jangan sampai dari usapan tissue yang berair tersebut menimbulkan genangan air yang memungkinlan air itu meresap ke sela-sela lempengan permukaan LCD/ LED
  • Kemudian buang tissue yang sudah kotor oleh langkah sebelumnya, gunakan lembaran tissue baru kemudian basahi tissue tersebut, kemudian usapkan tissue yang sudah basah tersebut pada permukaan sabun mandi, sedikit saja..

    Ingat sedikit saja, jangan sampai menimbulkan buih busa yang susah dibersihkan,

    Kemudian tissue basah yang sudah diusapkan pada permukaan sabun mandi tersebut, mulai usapkan pada permukaan monitor.

    Hati-hati saat menggosokan yang berulang-ulang, jika pada monitor tersebut terdapat butir kotoran kasar, memungkinkan akan menimbulkan goresan pada permukaan monitor. jadi sedikit gunakan perasaan ya :D (kayak lagi pacaran aja: hehe), dan perhatikan effek sentuhan, jangan sampai ada genangan air sampai kepada batas sisi-sisi monitor,
  • Anda akan melihat effek sabun yang bercampur dengan cairan pada permukaan monitor, mungkin terlihat lunyu atau seperti campuran minyak yang bercampur dengan air, nah untuk membersihkan effek pembersih sabun usapkan lagi tissue yang basah, sampai effek sabun tersebut hilang dan tentu hal ini akan berulang-ulang sampai kotoran tidak terlihat lagi.
  • Terakhir usaplah semua permukaan monitor dengan tissue kering sampai semua permukaan basah hilang dan monitor anda terlihat bersih, dan tiuplah lah permukaan monitor anda, anda akan melihat bagian yang sudah bersih dan yang masih ada kotoran, jika masih kotor usaplah sampai selesai.
Demikianlah tips sederhana ini, Kerjakan dengan hati-hati ya.. :D